Detail Cantuman Kembali

XML

Proses Underwrting Asuransi Kendaraan Bermotor PT Asuransi Eka LLOYD Jaya


Dalam era globalisasi ini persaingan usaha perasuransian menjadi semakin tajam. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan asuransi harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya, utamanya pelayanan yang berkualitas dan penyelesaian klaim yang lebih cepat dan lebih baik daripada para pesaingnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penentu kepuasan klaim dalam asuransi kendaraan bermotor dan besarnya kontribusi dan masing-masing faktor tersebut terhadap kepuasan klaim dalam asuransi kendaraan bermotor.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan case study. Data diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada pemegang polis PSAKBI pada PT Asuransi Eka Lloyd Jaya dengan sampel penelitian 100 orang pemegang polis PSAKBI. Penelitian ini dilakukan pada tiga area, yaitu: 1) Aspek prosedur klaim, 2) Aspek SDM penanggung sebagai pelaksana prosedur klaim dan pelayanan klaim, dan 3) Aspek pihak rekanan penanggung sebagai pelaksana pekerjaan perbaikan kendaraan bermotor.
Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) Agar seorang tertanggung atau pemegang polis PSAKBI yang mengajukan klaim dapat memperoleh kepuasan klaim, penanggung hams dapat memperhatikan beberapa faktor penentu kepuasan klaim dalam asuransi kendaraan bermotor. Ada tujuh faktor penentu kepuasan layanan klaim yang berhasil dikonfirmasi secara langsung ke tertanggung dalam penelitian ini. Artinya, ke tujuh faktor ini merupakan hal utama yang dirasakan oleh tertanggung dalam memperoleh kepuasan layanan klaim. Adapun ke tujuh faktor tersebut adalah: pembayaran ganti mgi; penerbitan surat perintah kerja; penelitian adannya kerugian oleh penanggung; responsifitas petugas klaim; penentuan nilai ganti mgi; kemudahan askes, jaringan yang luas, dan pelayanan bengkel rekanan; dan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki petugas klaim. 2) Kontribusi dan masing-masing faktor terhadap kepuasan klaim dalam asuransi kendaraan bermotor berbeda-beda. Ada tiga faktor penentu yang memiliki nilai skor di atas 4, yaitu: pembayaran ganti mgi, penerbitan surat perintah kerja, dan penelitian adanya kemgian oleh penanggung. Ke tiga faktor penentu ini memiliki pengaruh yang paling signifikan. Namun secara umum ke tujuh faktor penentu tersebut memiliki kontribusi yang hampir sama terhadap kepuasan klaim, oleh karenanya ke tujuh faktor ini hams mendapat perhatian yang sama di dalam setiap proses penyelesaian dan pelayanan klaim dalam asuransi kendaraan bermotor dengan skala prioritas ke tiga faktor penentu tersebut.

Joel Vincent - Personal Name
TA 146 JOE p
146
Text
Indonesia
Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
2011
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...