Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) PUSKESMAS CEMPAKA PUTIH


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan seberapa besar pengaruh pada kualitas pelayanan yang terjadi di Puskesmas Cempaka Putih Jakarta Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien poli umum di Puskesmas Cempaka Putih Jakarta Pusat, adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 38 responden. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel independen (X) yaitu kualitas pelayanan dan variabel dependen (Y) yaitu kepuasan pasien. Nilai probabilitas yang digunakan adalah 0,05. Hasil dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel Kepuasan Pasien yang dibuktikan dengan t hitung > t tabel (3,319>2,028) dan nilai hasil uji korelasi yaitu sebesar 0,484 dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien memiliki nilai korelasi cukup. Hal ini dapat diartikan semakin baik Kualitas Pelayanan maka Kepuasan Pasien akan ikut meningkat, Berdasarkan hasil interpretasi data diperoleh nilai rata-rata pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 87,5%, ini dapat diartikan naik turunnya kepuasan pasien ditentukan oleh kualitas pelayanan. Dengan nilai rata-rata 87,5% dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan baik.
Enno Karina Fandayani - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...