Detail Cantuman Kembali
PENGARUH FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PERUSAHAAN PENYEDIA PRODUK ASURANSI KESEHATAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan konsumen dalam memilih asuransi kesehatan di Perumahan Eramas 2000. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS, termasuk uji t, uji F, dan Koefisien Determinasi (R2), serta uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Namun, faktor pribadi dan psikologis tidak memberikan pengaruh yang signifikan secara individu. Faktor pribadi mungkin tidak relevan karena mayoritas responden adalah mahasiswa dengan penghasilan relatif rendah, yang lebih dipengaruhi oleh rekomendasi sosial daripada faktor ekonomi pribadi. Begitu pula, faktor psikologis mungkin tidak berpengaruh karena mahasiswa cenderung belum memiliki tanggung jawab finansial besar atau motivasi yang matang dalam keputusan pembelian asuransi. Secara simultan, ketiga faktor (sosial, pribadi, dan psikologis) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, dengan Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,487. Ini menunjukkan bahwa 48,7% keputusan konsumen dipengaruhi oleh ketiga faktor ini, sementara 51,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.
AL PANCA MUSANO - Personal Name
SK 1027 ALP p
0000001027
Text
Indonesia
STMA Trisakti
2024
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...